Pengamat : Berharap Kepada Pemerintah Untuk Terus Mendorong UMKM dan Kejelasan Perlindungan Hukumnya

Daftar Isi








Pengamat Dr Herman Hofi Munawar meminta dan berharap pemerintah terus mendorong para pelaku UMKM agar menjadi lebih baik untuk kebutuhan biaya hidup keluarga  mereka dan para pelaku UMKM bisa terus maju berkarya terang Herman Hofi kepada awak media pada hari Minggu 28 April 2024 Wib.

Ucap Herman Hofi," Kita memberikan  apresiasi  semangat pemerintah untuk terus mendorong agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) tumbuh  dan berkembang dengan baik. 

Berbagai kebijakan yang di lakukan agar UMKM dan ultra mikro terus mengembangkan usahanya,  walaupun dalam beberapa  sektor  dirasakan belum tepat  sasaran, namun  semangat untuk mendorong kemajuan  usaha sudah terasa mulai menggeliat, terutama terkait kebijakan bantuan permodalan  dan regulasi. 

Hal ini di karena  UMKM cukup menjanjikan untuk memberikan konstribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan disamping  itu berdasarkan  pengalaman ketika  Indonesia mengalamai krisis  ekonomi  justru  yang dapat bertahan  adalah usaha  Kecil  dan ultra mikro. 

Dalam hal itu  juga   dalam  era  perdagangan bebas saat ini  UMKM memiliki kontribusi yang 
cukup signifikan. Hal ini tentu dapat menjadikan UMKM menjadi salah satu solusi jika terjadi adanya resesi global. 

Masih terang Hofi," Oleh karena  itu UMKM dan usaha Ultra Mikro  dalam melakukan kegiatan usaha diperlukan adanya perlindungan hukum yang dapat melindungi sekaligus mendorong kemajuan UMKM, dan  ultra  mikro.

Pemerintah dalam 
melindungi UMKM dan usaha Ultra Mikro perlu melakukan sosialisasi dengan berbagai  steak holder terutama  kepolisian agar memiliki  persamaan pandang, guna menghindari terjadi kontra produktif  atau  kekeliruan  dalam penegakan  hukum yang  dapat mematikan UMKM dan Ultra Mikro.

Regulasi yang memberikan perlindungan dan kepastian hukum terhadap UMKM dan 
produk lokal, termasuk home industri sudah  memungkinkan bahkan  pada peraturan  daerah  mengatur  tentang  itu. 

Semua  jajaran di kepolisian hendak nya membantu pemerintah untuk  mendorong agar UMKM dan Usaha Ultra Mikro ini dapat tumbuh berkembang  dengan baik. Menghindari terjadi nya penegakan hukum yang terkesan di paksakan, melakukan  penggeledahan-penggeledahan yang  di rasa tidak  wajar dengan  alasan  tidak terdaftar pada  BPOM tidak terdaftar  pada  Disperindag  yang seolah-olah mencari-cari Kesalahan.  

Kondisi  sepeti  ini membuat  para pelaku  UMK dan Usaha Ultra Mikro  ketakutan  dan pada akhir nya usaha mereka mati. 

Menurut Hofi lagi," Untuk itu  perlu  ada upaya penegakan  hukum  yang konstruktif. Hukum perlu  ditegaskan guna memberikan perlindungan pada konsumen, tentu  saja hal ini perlu koordinasi  dengan instansi  pemerintah  daerah yang terkait.

Perlindungan  Hukum bagi para  pelaku  UMKM dan usaha  Ultra Mikro tidak bermakna  mereka  bebas tampa nilai. 

Tidak  demikian, namun penegakan hukum perlu memperhatikan  asas ultimum remedium  dalam penegakan hukum pidana. 

Kita apresiasi  semangat Kepolisan untuk terus melakukan penegakan hukum, tapi  harus tetap  memperhatikan asas ultimum remedium, dan mengedepankan koordinasi  dengan disprindagkop  dan BPOM. agar Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan Usaha Ultra Mikro  tumbuh  dan berkembang dengan baik," Ucap Herman Hofi.

Sumber: Dr Herman Hofi Munawar
Jono Aktivis 98


(Lepinus Lumbantoruan : Ka.Korwil RNN.com Provinsi Kalimantan Barat)