Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan
rnn-chanell

Pj Sekda Bersama KPP Pratama Praya Berikan Apresiasi Kepada Wajib Pajak Saat Acara Tax Gathering

RADAR NUSANTARA NEWS
08 Mei 2024, 00.39 WIB Last Updated 2024-05-07T17:39:20Z













RNN. com Lombok Timur | NTB -Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Lotim menghadiri Acara Kumpul Pajak KPP Pratama Praya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Wajib Pajak Kabupaten Lombok Timur.

Acara ini juga mencakup pemberian Penghargaan oleh KPP Pratama Praya kepada sejumlah Wajib Pajak atas kepatuhan dan sumbangannya dalam pembangunan negara. Lokasi kegiatan adalah Ballroom Kantor Bupati Lombok Timur pada Hari Selasa (7/5).

Pj. Bupati Lombok Timur, yang diwakili oleh Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur, H. Hasni S.Ak.MM., dalam pidatonya menegaskan pentingnya peran masyarakat dalam pembangunan daerah melalui partisipasi dalam pembayaran pajak. Ia juga menyoroti pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana pajak untuk mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Lotim.

"Pemda Lombok Timur mengalokasikan 3 Triliun dalam APBD Tahun 2024, dengan 80% berasal dari dana transfer pemerintah pusat sebesar 2 triliun. Sementara PAD Lombok Timur mencapai 17%," jelasnya.

Pj.Sekda menilai kegiatan ini penting untuk meningkatkan pemahaman tentang pajak, mengingat kontribusi besar pajak dalam pembiayaan APBN.

Ia juga menekankan pentingnya kepatuhan seluruh OPD dalam pajak untuk meningkatkan penerimaan pajak di Kabupaten Lombok Timur.

Kepala KPP Pratama Praya, Widi Pramono, S.S.T, Ak, M.M., dalam pidatonya menyampaikan apresiasi atas kerja sama dengan para stakeholder dalam mengumpulkan penerimaan pajak dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Dia menambahkan bahwa kerja sama dengan instansi pemerintah, perbankan, pengusaha, dan lembaga pendidikan telah memberikan kontribusi besar pada KPP Pratama Praya.

"Dalam tahun 2023, KPP Pratama Praya ditetapkan target penerimaan sebesar Rp 447.714.278.000, dan berhasil mencapai 105,03% dengan total Rp 470.240.579.604. Realisasi penerimaan ini tumbuh 12,2% dibandingkan tahun sebelumnya," tambahnya.

Selain memberikan penghargaan kepada berbagai pihak, Kepala KPP Pratama Praya juga memberikan penghargaan kepada Universitas Hamzanwadi untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi sebagai Mitra Organisasi Kegiatan Penerimaan SPT Tahunan.

Widi menjelaskan bahwa Direktorat Jenderal Pajak (DJP) selalu berupaya meningkatkan layanan perpajakan dengan melakukan modernisasi sistem informasi melalui Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP).

"Terselenggaranya Kumpul Pajak ini adalah wujud apresiasi dan kesempatan untuk menjalin silaturahmi dengan Wajib Pajak serta stakeholder KPP Pratama Praya. Melalui kerjasama yang baik ini, diharapkan kontribusi dan kepatuhan Wajib Pajak meningkat, serta penerimaan pajak yang terhimpun dapat didistribusikan kepada pemerintah daerah untuk manfaat seluruh masyarakat Lombok Timur," tutup Widi.

(win)

Iklan

iklan