3 Aplikasi Prakiraan Cuaca Pantau Cuaca Ekstrem Saat Liburan

Daftar Isi
RNN. com BANYUASIN | Sumsel -Saat hari libur panjang biasa dimanfaatkan masyarakat Indonesia untuk menghabiskan waktu untuk liburan bersama keluarga. Namun, kondisi cuaca ekstrem yang melanda hingga awal tahun membuat saat liburan menjadi tidak tenang.

Terkait hal diatas, terdapat beberapa aplikasi prakiraan cuaca yang bisa dimanfaatkan untuk memantau kondisi cuaca terkini. Hal ini disampaikan Kapolres Banyuasin AKBP Ferly Rosa Putra SIK melalui Kasi Humas Polres Banyuasin AKP Sutedjo.

"Mau liburan pastikan cuaca saat ingin berpergian dengan cara pantau aplikasi untuk melihat kondisi cuaca cerah, berawan, hujan biasa, hujan badai, berangin. Pastikan perjalanan anda dari bencana longsor, pastikan tempat wisata aman dari gunung meletus, dan pastikan tempat wisata dari gempa bumi," kata AKP Sutedjo.

Dijelaskan AKP Sutedjo, bahwa ada 3 aplikasi prakiraan cuaca untuk pantau cuaca ekstrem ditengah liburan, pertama Weather Radar. Aplikasi prakiraan cuaca pertama yang bisa kamu manfaatkan adalah Weather Radar. Aplikasi ini memiliki fitur utama memantau cuaca terkini dan yang akan terjadi selama tujuh hari kedepan (prakiraan cuaca).

"Aplikasi Weather Radar memiliki peta yang dapat menampilkan kondisi badai, hujan, serta awan terkini. Namun, aplikasi ini hanya tersedia untuk Handphone Android dan dapat diunduh melalui Google Play Store,"ujar dia.

Kedua, aplikasi RainViewer. Aplikasi prakiraan cuaca kedua yakni RainViewer. Sama seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi RainViewer memiliki fitur utama untuk memantau cuaca terkini hingga tujuh hari kedepan serta menyediakan informasi prakiraan hujan dan badai di peta.

"Aplikasi RainViewer menyediakan informasi badai dalam 90 menit ke depan. Tidak hanya untuk Android, aplikasi ini juga tersedia di toko aplikasi App Store (untuk iPhone)," terang dia.

Ketiga, aplikasi Windy. Aplikasi terakhir yang bisa kamu manfaatkan ialah Windy. Aplikasi ini juga menampilkan kondisi cuaca terkini hingga tujuh hari ke depan (prakiraan cuaca) namun disertai dengan visual yang menarik.

"Aplikasi Windy juga menyediakan fitur informasi kecepatan angin, curah hujan, dan suhu. Aplikasi ini bisa diunduh melalui App Store dan Google Play Store," pungkas dia. (Humas Res Banyuasin)