Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan
rnn-chanell

Sebanyak 21666 Akan Mengikuti UTBK SNBT Di Kampus UNSRI Indralaya, Ada Beberapa Hal Disampaikan Rektor Unsri

RADAR NUSANTARA NEWS
26 April 2024, 10.02 WIB Last Updated 2024-04-26T03:02:27Z











Universitas Sriwijaya (Unsri) memberikan keterangan kepada sejumlah awak media baik cetak dan online mengenai akan menggelar Ujian Tertulis Berbasis Komputer-Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK-SNBT).

Dijadwalkan, pelaksanaan UTBK-SNBT 2024 Unsri ini akan dilaksanakan pada 30 April 2024, 2-7 Mei 2024, dan 14-20 Mei 2024 di Kampus Unsri Indralaya, Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), demikian diutarakan Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa, S.E., M.Si.

Adapun turut hadir didalam kegiatan tersebut Rektor Unsri Prof Dr Taufiq Marwa, S.E., M.Si dengan didampingi Prof Dr Zulkifli Dahlan, M.Si., DEA, Koordinator Humas Unsri Dra Eny Fitriyani, M.S, dan lainnya, dimana  kegiatan ini dipusatkan di auditorium Unsri Indralaya, Ogan Ilir, Sumsel.

Dikatakan Rektor Unsri, Prof Dr Taufiq Marwa, S.E., M.Si, dimana pelaksanaan UTBK-SNBT Unsri tahun 2024 ini digelar secara berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana, lokasi pelaksanaan tes dipusatkan di Kampus Unsri Indralaya. Padahal, selama ini, pelaksanaan tes masuk Unsri selalu digelar di Palembang. 

Karena di Kampus Unsri Indralaya ini, semua fasilitas sudah lengkap.selama pelaksanaan UTBK-SNBT Unsri nanti, pihaknya telah menyediakan sedikitnya 37 ruangan di Kampus Unsri Indralaya.

"Masing-masing ruangan akan menampung 20 peserta. Makanya, pelaksanaan UTBK-SNBT Unsri ini akan digelar sebanyak 23 sesi. Dimana, per sesinya ada 980 peserta," ujarnya.

Kemudian, sebanyak 21 666 Peserta bakal ikuti UTBK-SNBT Unsri Tahun 2024, dan ini lokasi tesnya, jangan Sampai salah ya! Jadi per hari itu, peserta yang akan menjalani tes sebanyak 1.960 peserta. Dan untuk tahun ini, Unsri juga mendapatkan satu peserta istimewa yang memiliki kebutuhan khusus.

Dimana, peserta ini merupakan tuna netra yang akan ditempatkan di tempat khusus. Adapun 10 lokasi yang akan menjadi pusat UTBK-SNBT di Kampus Unsri Indralaya, yaitu Gedung Jurusan Fakultas Ekonomi, Laboratorium Komputer Kajian Batubara dan Laboratorium Komputer Jurusan di Fakultas Teknik, Gedung Laboratorium Psikologi Lantai 2 Fakultas Kedokteran. 

"Selain itu juga, ada di gedung Fakultas Pertanian, Gedung C Lantai 2 FKIP. Gedung A Fasilkom, Fakultas MIPA, Gedung Kuliah Lantai 2 Fakultas Kesehatan Masyarakat, Gedung Student Center Lantai 5, dan Perpustakaan Unsri," ungkapnya.

Dilanjutkannya, disini saya mengimbau kepada seluruh peserta, untuk mengecek lokasi ujian paling tidak satu hari sebelum pelaksanaan tes. Karena kan kampus Unsri ini luas, terkadang satu kali kesini saja masih juga kesasar. Untuk itu harus mengecek lokasi pada H-1, atau 1 hari sebelum pelaksanaan tes dilaksanakan harus sudah mensurvey lokasi ujian UTBK-SNBT. 

Dan kepada seluruh peserta, untuk berada di lokasi ujian paling lambat satu jam sebelum memasuki ruangan. Karena kan, seluruh peserta akan melalui rangkaian pemeriksaan dari para pengawas ujian UTBK-SNBT. 

"Dimana pelaksanaan tes untuk sesi pertama akan dimulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Sedangkan, untuk sesi kedua akan dilaksanakan mulai pukul 13.30 hingga pukul 16.30 WIB," katanya.

Masih dilanjutkannya, masing-masing sesi akan memakan waktu selama 3 jam, dan kepada seluruh peserta, Rektor Unsri juga meminta supaya belajar dan berdoa untuk mendapatkan hasil yang dicita-citakan. Di mana untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat UTBK-SNBT, ada beberapa hal disini saya sampaikan kepada seluruh para pengawas UTBK SNBT dilapangan. 

Dimana pada proses UTBK-SNBT Unsri Tahun 2024 ini dikhawatirkan akan muncul hal-hal yang tidak diinginkan pada saat UTBK-SNBT. Untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat gelaran UTBK-SNBT, Unsri akan melakukan langkah-langkah antisipasinya, dan harus dicermati oleh para pengawas UTBK-SNBT Unsri.  

"Untuk mengantisipasi terjadinya joki ini, harus dicermati oleh para pengawas UTBK-SNBT Unsri. Dan seluruh pengawas ujian hendaknya tidak lengah, harus benar-benar bekerja ekstra ketat," ucapnya.

Masih disampaikannya, di sini saya Rektor Unsri menekankan, kepada seluruh pengawas, supaya memperhatikan kelengkapan administrasi serta wajah dari para peserta. Harus benar-benar diperhatikan, foto dan wajah peserta harus sama. Jangan sampai kecolongan. 

Selain itu, seluruh peserta juga dilarang untuk membawa peralatan-peralatan apapun ke dalam ruangan ujian. Lagi-lagi, hal tersebut tugas pengawas. Termasuk kalau ada peserta yang menggunakan kacamata, harus benar-benar dicek, dan siapa tau ada alat canggih di kacamatanya itu.

"Dan kita dari pihak UNSRI telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarananya agak UTBK SNBT ini bisa terlaksana dengan baik, dan bagi untuk para pengawas juga diharapkan sudah hadir dilokasi yakni 90 menit atau 1,5 jam," imbuhnya.


Pewarta editor Pimred RNN. com: Bahtum BK, SH 

Iklan

iklan