Iklan

iklan

Iklan

,

Iklan

iklan
rnn-chanell

Pelabuhan Sangat Penting Buat Masyarakat Ungkap Herman Hofi

RADAR NUSANTARA NEWS
06 Juni 2024, 10.57 WIB Last Updated 2024-06-06T03:57:40Z
RNN. com Pontianak | Kalbar -Suatu hal yang  sulit dibantah  bahwa keberadaan  pelabuhan sangat urgen  bagi masyarakat kalbar ucap Herman Hofi kepada awak media hari  Kamis 6 Juni 2024 Wib

Uang beredar sesungguhnya lebih banyak masuk dari pintu pelabuhan. 80 % konsumsi masyarakat kalbar masuk dari pintu pelabuhan. Walaupun kalbar  memilki  pontensi lahan   pertanian yang cukup menjanjikan  namun masih dalam mimpi disiang hari. 

Kalbar saat ini  memiliki pelabuhan Kijing di kabupaten Mempawah yang katanya Pelabuhan yang berstandar Internasional terbesar di Pulau Kalimantan.

Namun hingga saat ini belum kelihatan geliat aktifitas yang yang menunjukkan berstandar Internasional. Penaatan infrastruktur masih jauh "panggang dari api".  

Management pengelolaan pelabuhan masih banyak hal yang perlu penataan..  persoalan PBM  masih perlu di benahi. 

Management pelabuhan harus bisa menciftakan ekosistem atau iklim usaha yang kondusif  harus menjadi  pertumbuhan  dunia usaha  yang lebih baik.  Mengapa hal ini menjadi penting karena akan berpengaruh pada perekonomian daerah yang pada akhir distribusi barang akan terganggu. 
Sebagai warga Kalbar Dr Herman Hofi Munawar,sangat berharap optomalisasi fungsi pelabuhan kijing segera di wujudkan. Dan kita berharap tidak  terjadi  monopoli dalam aktivitas bisnis di pelabuhan kijing.

Hal ini di karenakan Kalimantan Barat sangat berkepentingan bukan hanya karena merupaka sumber ekonomi baru bagi masyarakat yang berdomisili di Mempawah, akan tetapi pelabuhan laut menjadi sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan masyarakat kalbar. 80% konsumsi masyarakat kalbar masuk melalui pintu pelabuhan laut.

Boleh dikatakan pelabuhan laut menjadi tulang punggung bagi distribusi barang, dan jasa yang ada di wilayah Kalbar di 14 Kabupaten dan Kota.

Mengingat begitu strategis nya pelabuhan laut bagi masyarakat kalbar maka diharapkan pelabuhan laut betul-betul berfungsi secara optimal baik dalam bongkat muat barang. Maupun maupun aspek penegakan hukum d pelabuhan dan keamanan pelayaran.

Saat ini dirasakan Bongkar muat barang di pelabuhan Dwikora pontianak termasuk di pelabuhan kijing masih terlalu lama atau masih membutuhkan waktu yang cukup lama sebab banyak terjadi permainan permainan oknum oknum yang mencari keuntungan pribadi dan golongan juga sebagi penghambat.

Tentu saja hal ini akan berdampak terhadap distribusi dan cost yang harus dikeluarkan pengusaha tentu saja akan berimbas terhadap harga barang ,”Oleh karena perlu ada penataan lebih baik lagi dalam hal bongkar muat barang baik di pelabuhan dwikora maupun pelabuhan kijing.

Selain itu keamana dan kenyamanan pelabuhan harus selalu terjaga dengan baik dan Jagan ada pungli pungli yang terjadi.

Syahbandar sebagai pejabat administrasi tertinggi di pelabuhan dan Penyidik Pegawai negeri sipil (PPNS) di berikan kewenangan untuk melaksanakan penegakam hukum.
Serta memberikan pemahaman bersama kewenangan antara instansi sesuai dengan tugas dan pungsinya masing-masing harus tegas dan transparan serta jangan tutup mata jika ada pelanggaran dan adanya barang barang tidak memiliki dokumen. leluasa keluar masuk di pelabuhan hingga merugikan negara dan daerah.

Sumber : Dr Herman Hofi Munawar

Jono/98


(PL. Lumbantoruan : Ka. Korwil RNN.com Prov.Kalimantan Barat)

Iklan

iklan