,

MIRIS,BEREDARNYA KABAR DANA APBN TIDAK TERSERAP SEBELUM LEBARAN. PARA KEPALA DESA PUSING

RADAR NUSANTARA NEWS
02 April 2024, 05.03 WIB Last Updated 2024-04-01T22:03:18Z
iklan
.




MIRIS,BEREDARNYA KABAR DANA APBN TIDAK TERSERAP SEBELUM LEBARAN.
PARA KEPALA DESA PUSING
Lebih kurang seminggu lagi jelang lebaran idul Fitri 1445 Hijriah,beredar kabar bahwa para kepala desa dan perangkat nya serta imam mesjid, khatib, Bilal,muazin serta imeum musholla terancam tak menerima honor.

Pasal nya,Dari 116 desa dari 11 kevamatan yang ada di kabupaten Aceh Singkil,baru 78 desa yang sudah di ajukan oleh DPMK Kabuoaten aceh singkil ke tahap lanjutan dalam hal ini dinas keuangan kabuoaten aceh singkil.

Hal ini dibterangkan oleh Afriddin atau sering di sapa pak rudi,sebagai Kabid di dinas dpmk kabupeten Aceh Singkil.

Kuta sudah dorong agar semua kepala desa segera buat pengajuan,namun mereka nampaknya belum semua mengajukan,tutur Rudi.

Ketika awak media mengkonfirmasi sekretaris dinas dpkkd kabupaten acengkil via telepon seluler WhatsApp,beliau mengatakan dari 116 desa dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten Aceh Singkil, untuk APBN 
16 desa sudah ke KPPN proses salur
50 Desa pengajuan ke KPPN.

Jadi kalau dari kabid dpmk mengatakan 78,desa,sementara sekretaris dpkkd mentakan 11+50=66 Desa berarti yang sudah di proses.

Akibat kejadian ini,saling tuding pun terjadi,ketika awak media mengkonfirmasi pj Bupati Aceh Singkil terkait hal penarikan,belaiu mengatakan itu salah kepala desa kurang ceoat memgajukan,

Ketika bebeapa kepala desa yang berhasil di konfirmasi awak media yang enggan di sebut namanya mengatakan,
Bagai mana kami pengajuan,perbup saja keluar 13 maret 2024,itupun kami tau setelah di bagi di group kepala desa hari ini senin 01 april 2024,ungkap nya.

Dan miris nya lagi,kami sangat berharap honor tersebut bisa kami gunakan memebeli kebutuhan idul Fitri 1445 hijrah nanti,kalau ini tidak terealisasi dananya,bagai mana,ucap salah seorang kepala desa yang tidak mau di sebut namanya.

Bahkan salah seorang kepala desa sangking kesal nya mengatakan, mungkin pak pj Drs Azmi M.ap ini kabar nya mau calon bupati,kalau begini cara memimpinnya,menyalahkan kepala desa pula,tah kapan kapan kami milih, ujarnya nya.

Saya membaca berita sore ini di salah satu media,keterlambatan ini kepala desa pula yang pak pj salahkan,tolong tanyakan kepada kadis dpmk dan kabid nya pak pj,apakah mereka ada mengasih tau baik tertulis melalui surat atau pesan melalui group,bahwa perbup sudah pak pj Bupati teken,ada memang di share di group,tetapi setelah ada berita sekitar pukul 11.00 tadi pagi,lantas pak rudi bagikan baik di group maupun per orangan kepala desa.tutur nya.

Maknya pak pj buoati tolong evaluasi semua instansi ini, khususnya dpmk dan jararan nya,biar pak pj tau ya,kami para kepala desa merasa ini ada unsur kesengajaan,biar ada tanda kutip,dil dil nya.

Saya akan bongkar semua kebobrokan di dpmk selama ini,setiap pengajuan dana desa,baik bersumber dari APBN ataupun APBK,Saya akan beberkan kepada media ini, dan kami akan kompak mejelaskan sejelas jelasnya,apa yang kami alami,stiap pengajuan dana desa,tutur sm.

Ketika pj Bupati Aceh Singkil kembali di konfirmasi via pesan singkat WhatsApp,belaiu mengatakan kepada awak media,tolong bukti bukti yang di serahkan kepala desa sama pak Ramli Manik selaku kaperwil Garuda news tv provinsi Aceh bawakan ke polres aceh singkil,buat laporan informasi (LI).

Kakau ternyata bukti bukti itu benar dan akurat,berarti hukum wajib di tegakkan, siapapun yang terlibat nantinya dalam hal ini,akan kita giring sampai ke ranah pengadilan,agar menjadi efek jera baginsetiap instansi yang main main dengan anggaran,tegas azmi.

Namun dari itu semua,marinkita uoayakan sebisa dan secepat mungkin,agar oara kepala desa dan perangkat nya,serta perangkat masjid dapat menerima honor mereka sebelum lebaran nanti,tutup nya.

RAMLI MANIK

Iklan