,

Pelantikan Resmi Jabatan Baru "Agus Salim" Kajati Sulsel

RADAR NUSANTARA NEWS
23 Maret 2024, 06.17 WIB Last Updated 2024-03-22T23:18:27Z
iklan



RNN, Makassar

Pelantikan resmi jabatan baru beberapa waktu lalu, Agus Salim, SH, MH., sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan (Sulsel) yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tengah (Sulteng), Selasa 19/3/2024.

Agus Salim, SH. MH., menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang oleh Leonard Eben Ezer Simanjuntak, SH. MH., yang telah dimutasi sebagai Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional dan Leonard sendiri naik pangkat tiga bintang dan menjadi pejabat Eselon 1 di lingkup institusi Adhyaksa.

Agus Salim SH. MH., bukanlah sosok baru dalam dunia kejaksaan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah sejak Agustus 2022 dan juga telah sukses memimpin Kejaksaan Negeri Luwu.

Selain itu, pengalaman Agus Salim juga mencakup masa tugasnya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dimana dirinya telah menunjukkan dedikasi pada lembaga anti rasuah tersebut.

Pergantian posisi jabatan berdasarkan surat Keputusan Jaksa Agung Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2024, Tanggal 18 Maret 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan dari dan dalam jabatan struktural pegawai negeri sipil Kejaksaan Republik Indonesia.


Adapun posisi jabatan yang ditinggalkan Agus Salim diisi oleh Bambang Hariyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Perlengkapan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pembinaan Kejaksaan Agung di Jakarta.

Salah seorang keluarga dekat dari Agus Salim, SH, MH., membenarkan jika dirinya masuk ke Sulsel. ''Beliau salah seorang putra wija to Luwu dan selamat untuk kak Agus Salim mengemban amanah sebagai kajati Sulsel", tutur Kolonel Inf Purn Agus Salim, SH. MH., yang tidak lain adalah ipar dari mantan Kajati Sulteng tersebut. Insya berkah dan amanah.

Untuk diketahui, Agus Salim, SH. MH., adalah putra Palopo Sulawesi Selatan yang memiliki rekam jejak sangat baik di institusi Kejaksaan. Agus Salim juga pernah menjabat Kepala Kejaksaan Negeri Luwu.

Dirinya juga pernah bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan selama 8 tahun di lembaga anti rasuah menangani beberapa kasus menarik perhatian publik salah satunya wisma atlet.

Takdirlah membawa dirinya masuk di Korps Adhyaksa dan pertama bertugas ditempatkan Jaksa di Makassar, menjadi kepala seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) di kejaksaan Majene.

Usai bertugas di KPK, Kejaksaan Agung (Kejagung) memberi kepercayaan kepadanya menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belopa. Menjabat Kajari Belopa sama halnya dirinya pulang kampung setelah sekian lama merantau.

Dari Kajari Belopa, Kejagung mempromosikan sebagai Asintel Lampung, dari Asintel lalu diangkat menjadi Kasubdit Kejagung. Selanjutnya, menjabat Asisten Pidana khusus (Aspidsus) Kejati Sumatera Utara. Kemudian balik lagi menjadi Kasubdit Kejagung dan Koordinator Pidsus Kejagung.

Lebih jauh menjadi Wakajati Papua, lalu dimutasi menjadi Wakajati Sumatera Utara, lalu menjabat Direktur Jampidmil, Direktur Eksekusi, Direktur Penuntutan, sampai akhirnya menjadi Kajati Sulteng.

Hal ini dikemukakan saat dirinya berbincang santai dengan para wartawan pada peringatan hari anti korupsi pada tanggal 9 Desember 2023 lalu di Palu Sulteng.

Dengan latar belakang yang kaya akan pengalaman dan dedikasi yang terbukti serta Agus Salim, SH. MH., diharapkan dapat membawa perubahan positif, meningkatkan kinerja Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan.

Bahkan, kehadirannya diharapkan dapat memperkuat penegakan hukum dan memberikan keadilan bagi masyarakat, serta menjaga integritas lembaga kejaksaan dalam memerangi berbagai bentuk tindak pidana.

Semoga perpindahannya menjabat sebagai pejabat baru Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan akan membawa berkah bagi pembangunan hukum dan penegakan keadilan di Sulawesi Selatan.

( Rahmat )

Iklan