,

Dir Lantas Polda Sumsel Ikuti Rapat TFG di Hotel Borobudur Jakarta

RADAR NUSANTARA NEWS
13 Maret 2024, 14.09 WIB Last Updated 2024-03-13T07:09:03Z
iklan










KORPS Lalu Lintas (Korlantas) Polri melaksanakan kegiatan Tactical Floor Game (TFG) dalam persiapan pengamanan arus mudik dan arus balik Ops ketupat 2024. Kegiatan TFG ini melibatkan direktur lalu lintas (dirlantas) dari berbagai Polda di wilayah Jawa, Bali, Sumatra, Lampung, hingga Sumatra Selatan.

Rapat TFG tersebut dihadiri Kakorlantas Polri, Pejabat utama Korlantas Polri, Dirjen Kemenhubdar, Dirjen Bina Marga Kemen PUPR, Kepala BPJT, Direktur Utama PT. Jasa Marga, Direktur Utama PT. Jasa Raharja, Direktur Utama ASDP Ferry, Direktur Utama PT. Pelindo, Direktur Utama PT. Citra Karya Jabar Tol, Direktur Operasional PT. Lintas Marga Sedaya.

Kemudian, Direktur Operasional Astra Tol Merak, Ketua Asosiasi Rest Area Tol, Dirlantas Polda Sumsel dan jajaran, Dirlantas Polda Lampung dan jajaran, Dir lantas Polda Banten dan jajaran,  Dir Lantas Polda Metro Jaya dan jajaran, Dir Lantas Polda Jabar dan jajaran, Dir Lantas Polda Jateng dan jajaran, Dir Lantas Polda DIY dan jajaran, Dir Lantas Polda Jatim dan jajaran,  Dir Lantas Polda Bali dan jajaran, dan seluruh peserta kegiatan.







Kakor lantas Polri Irjen Pol DR Drs Aan Suhanan MSi dalam arahannya menjelaskan bahwa TFG ini memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas tentang kondisi lapangan dan memastikan kesiapan serta strategi penanganan yang tepat.

"Kami ingin memastikan bahwa kondisi jalan dan situasi masyarakat dapat terantisipasi dengan baik, termasuk di lintasan," kata dia saat membuka rapat TFG tersebut di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (6/3).

Menurut dia, Pelabuhan Merak-Bakauheni juga perlu diantisipasi dengan langkah-langkah teknis dan taktis yang telah ditetapkan bersama. Dia berharap bahwa persiapan ini akan berjalan lancar dan petugas sudah memahami tugas mereka.

Sebelumnya, Korlantas Polri telah menggelar rapat koordinasi lintas sektoral guna menyiapkan pengelolaan arus lalu lintas mudik-balik Lebaran 2024. Persiapan ini dilakukan dengan tujuan agar arus mudik dan balik pada bulan April 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menekankan bahwa pengelolaan arus lalu lintas tahun ini bukan hanya rutinitas biasa. Mengingat survei Kementerian Perhubungan menunjukkan peningkatan animo masyarakat untuk mudik-balik dan berwisata sekitar 5-6% dibanding 2023.







"Jumlah masyarakat yang melakukan perjalanan saat mudik tahun lalu mencapai 123 juta, termasuk perjalanan wisata selama libur Idulfitri 2023. Dengan peningkatan 5-6%, jumlah tersebut mencapai 136,7 juta," ungkap dia. 


Pewarta Kabiro RNN. com : JN/Adm
Editor Pimred RNN. com : Bahtum BK, SH

Iklan