,

Rapat Pleno PPK Sekecamatan karang Jaya Membuka Kotak Suara Untuk dihitung Ulang

RADAR NUSANTARA NEWS
25 Februari 2024, 21.09 WIB Last Updated 2024-02-26T03:55:01Z
iklan











Diduga ada Kecurangan dalam pemilu tahun ini, pleno rekapitulasi penghitungan suara Calon DPRD Kabupaten/Kota di tingkat Kecamatan Karang Jaya resmi di hitung ulang hari ini minggu. 25/2/2024


Suasana dikantor camat kecamatan karang jaya kabupaten musi rawas utara provinsi sumatera selatan, tampak aparat kepolisian, TNI dan anggota Brimob yang berjaga. Kabag ops polres musi rawas utara kompol Dedi rahmat hidayat , "kami dari pihak kepolisian polres musi rawas utara dibantu Anggota TNI dari kodim 0406 dan Sat Brimob polda sumsel Batalyon B pelopor lubuklinggau siap mengawal penghitungan ulang suara dikecamatan karang jaya ini, dengan anggota kurang lebih 100 personil, kita berharap situasi tetap kondusif selama penghitungan suara nanti ujarnya".






Informasi tersebut diketahui setelah adanya instruksi dari ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), usai melakukan rapat di Polres Muratara bersama para perwakilan dari beberapa Partai Politik, dan hasil rapat tersebut sepakat untuk melakukan penghitungan suara ulang sebanyak 105 TPS dari 14 desa 1 kelurahan sekecamatan Karang Jaya.


Ketua KPU Muratara Heriyanto dalam keterangannya menjelaskan, rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara sekecamatan Karang Jaya di hitung ulang, sesuai dalam kesepakatan dalam rapat di Polres Muratara bersama para caleg.


“Hasil rapat dari Polres Musi Rawas Utara tadi, sepakat hitung ulang seluru kotak suara sekecamatan Karang Jaya, maka dari itu semua harus menerima apapun dari hasil yang di dapat dalam hitungan ulang ini,"Ujar Heriyanto.






Sementara itu Hasran Akwa, S.H. Celeg dari Partai Golkar Dapil Karang Jaya, juga mengatakan hal yang sama, hasil dari rapat hari ini kita sepakat hitung ulang kotak suara sekecamatan Karang Jaya.

"Hasil rapat yang di pasilitasi oleh Kapolres Muratara, Dandim 0406 dan dihadirikan langsung oleh Bupati Muratara, Ketua KPU Muratara serta para caleg dapil Karang Jaya, kita sepakat untuk melakukan hitung ulang kotak suara se kecamatan Karang Jaya," Ujar Hasran.

Lebih jauh diketahui, dasar permintaan perhitungan suara ulang yaitu berdasarkan adanya indikasi terjadi kecurangan dan dugaan penggelapan/pengalihan suara caleg kepada sala satu Caleg tertentu, yang telah terjadi di beberapa TPS di Desa Embacang Raya, Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara beberapa pekan lalu.

Maka dari itu, mengantisipasi adanya kecurangan dalam pemilu di Karang Jaya, masyarakat Aliansi Masyarakat Karang Jaya Bersatu, menggelar aksi damai hingga memblokade jalan lintas sumatera beberapa hari lalu, dengan tuntutan agar hasil pleno rekapitulasi di kacamatan Karang Jaya agar di hitung ulang. Kami sepakat tidak ada penggerakan massa, apabila ada penggerakan massa dalam pelaksaan penghitung ulang ini, maka pihak kepolisian yangvakan bertindak sesuai intruksi dari kapolda jelasnya."
Suasana dikantor camat kecamatan karang jaya tampak para petugas PPK dan Panwascam serta para saksi dari partai sudah berkumpul untuk melakukan penghitungan ulang suara, pukul 15.30 wib hitung suara dimulai per TPS seluruh desa yang ada dikecamatan karang jaya, sampai berita ini dinaikan penghitungan suara masih berlangsung dalam situasi yang kondusif.


Pewarta : TIM
Editor Pimred RNN. com : Bk

Iklan