,

Pemberian Obat Tingkatkan Derajat Kesehatan WBP, Lapas Banyuasin Gelar Penyuluhan

RADAR NUSANTARA NEWS
16 Februari 2024, 14.02 WIB Last Updated 2024-02-16T07:02:32Z
iklan







Menjaga kesehatan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan kita. Hal ini juga berlaku bagi warga binaan Lapas Kelas IIA Banyuasin Kanwil Kemenkumham Sumsel yang sedang menjalani masa pidananya.


Untuk itu, Jumat (16/02/2024) , tenaga Kesehatan Lapas Kelas IIA Banyuasin bekerja sama dengan Puskesmas Pangkalan Balai memberikan penyuluhan kesehatan kepada 50 orang warga binaan dengan rincian 31 orang Lansia dan 19 orang lainnya warga binaan yang memiliki resiko penyakit.





Dalam kesempatan ini, Hadir tenaga medis dari Puskesmas Pangkalan Balai yakni dr. Fitri Dwi Anggraini, Susilawati, SKM, Surti Ningsih, A.Md.Farm, Deliyana, Am.Kep, dan Nurhadi.


Kegiatan diawali dengan penyuluhan Kesehatan oleh dr. Fitri Dwi Anggraini dengan materi tentang menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Pada kesempatan tersebut dijelaskan tentang bagaimana cara memakai masker yang benar, Mandi minimal 2 kali dalam sehari, tidak merokok, olahraga, makan makanan yang bergizi, dan sebagainya.


Usai pemberian penyuluhan, dilakukan pemeriksaan Kesehatan oleh tim medis Lapas Banyuasin dan Puskemas Pangkalan Balai. Pemeriksaan dilakukan mulai dari melihat tanda-tanda vital seperti tekanan darah, hard rate, resipirasi rate, suhu tubuh hingga pengecekan tinggi badan dan berat badan.


Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Jhonny H Gultom melalui JFT Perawat Neza Purnamasari menjelaskan, kegiatan penyuluhan dilakukan untuk menjaga kondisi Kesehatan warga binaan agar tetap sehat dan bugar. Kegiatan diikuti oleh 50 warga binaan lansia dan warga binaan yang memiliki resiko penyakit.


“Selain penyuluhan dan pemeriksaaan kesehatan, warga binaan juga diberikan obat sesuai dengan Riwayat penyakit yang dideritanya. Kegiatan ini merupakan upaya promotive, prevented, dan kuratif dalam meningkatkan derajat Kesehatan warga binaan Lapas Kelas IIA Banyuasin,” ungkapnya.


Pewarta. Kabiro RNN :Junaidi
Editor Pimred RNN.com

Iklan