,

Kalapas Banyuasin Ikuti Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023

RADAR NUSANTARA NEWS
23 Februari 2024, 20.55 WIB Last Updated 2024-02-23T13:55:32Z
iklan













Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banyuasin Jhonny H Gultom mengikut Kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2023 dan Assesment Kinerja yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan Bertempat di Ballroom Hotel The ALTS Palembang.

Rakor dilaksanakan selama tiga hari pada 21-23 Februari 2024. Selain Rakor, pada acara tersebut juga dirangkaikan dengan Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan Satuan Kerja. Dua operator standar pelayanan Lapas Kelas IIA Banyuasin diikutsertakan dalam kegiatan tersebut yakni Rasta Yustinfernanda dan M Fadhil Maulidin.






Kegiatan dibuka oleh Plh. Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto. Peserta berasal seluruh Pimpinan tinggi, pejabat Administrator dan Pengawas Kantor Wilayah, Para Kepala UPT Pemasyarakatan/Imigrasi di lingkungan Kanwil Sumsel dan para operator pelayanan.

Kegiatan dibuka dengan laporan pelaksanaan kegiatan dari Kepala Divisi Administrasi Rahmi Widhiyanti. Ia menjelaskan bahwa Tema rakor tahun 2024 yakni 'Kanwil Sumsel Semakin Berkinerja’.

“Pada kegiatan kali ini akan dibahas beberapa poin penting di antaranya Realisasi Anggaran, Capaian IKPA dan SMART Tahun 2023, Standar Pelayanan Publik Berbasis HAM, serta bagaimana Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM,” jelasnya.

Usai penyampaian laporan dari Kepala Divisi Administrasi, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari Plh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumsel, Kepala Divisi Pemasyarakatan Bambang Haryanto. Ia menyampaikan bahwa rakor ini dimaksudkan untuk menggali segala hambatan kinerja di tahun lalu, guna memaksimalkan capaian dan target di tahun 2024.

“Di Tahun 2023 sudah banyak sekali prestasi dan capaian yang telah Kanwil Kemenkumham Sumsel Raih, maka dari itu di Tahun 2024 harus lebih ditingkatkan terus dan mencapai prestasi yang lebih banyak lagi,” harapnya.

Rangkaian rakor diisi dengan Diskusi Panel dari berbagai narasumber yakni Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Selatan, Kepala Kantor Wilayah Perbendaharaan Perwakilan Sumatera Selatan, Kepala BPKP Perwakilan Sumatera Selatan, Kepala BKN Perwakilan Sumatera Selatan. Serta dari internal Kemenkumham diantaranya Inspektorat Jenderal, Biro Perencanaan / Reformasi Birokrasi, Biro Humas Hukum dan Kerjasama, Biro Pengelolaan BMN dan UKPBJ sebagai narsumber.

Usai diskusi panel dengan narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discusion (FGD) oleh seluruh Kepala UPT yang dibagi ke dalam tiga komisi, yang pertama membahas tentang pencegahan pungli, yang kedua tentang disiplin pegawai, dan ketiga pemberantasan nakoba.

Pada hari kedua, seluruh Kepala UPT memaparkan slide dan video capaian kinerja, Kepala Lapas Kelas IIA Banyuasin Jhonny H Gultom dengan lugas menyampaikan capaian-capaian yang telah diraih Lapas Kelas IIA Banyuasin selama Tahun 2023.

Jhonny H Gultom mengatakan, melalui Rakor Evaluasi Capaian Kinerja ini dapat semakin meningkatkan kinerja di Tahun berikutnya.

“di Tahun 2023, Lapas Kelas IIA Banyuasin telah berhasil meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Maka dari itu, di Tahun 2024, Lapas Kelas IIA Banyuasin berkomitmen akan meningkatkan prestasi dan capaian-capaian kinerja,” pungkasnya.


Pewarta Kabiro RNN. com : Amyadi
Editor Pimred RNN. com    : Bahtum BK, SH

Iklan